Menilik Beberapa Sunnah yang Tidak Terlaksana Jika Melakukan Kurban Online

Melaksanakan kurban merupakan salah satu ibadah sunnah yang sebaiknya dilakukan terutama bagi yang mampu. Untuk berkurban umumnya, masyarakat akan lebih memilih untuk melaksanakan ibadah tersebut di tempat tinggalnya atau yang dekat dengan tempat tinggalnya. Namun, saat ini ada pihak yang menyelenggarakan kurban online yang memungkinkan Anda untuk bisa melaksanakan kurban di tempat yang jauh dari tempat tinggal Anda. Akan tetapi, tidak sedikit yang masih ragu, apakah qurban secara online ini diperbolehkan atau tidak?

 

Melaksanakan ibadah kurban bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan menerapkan sunnah dan syiarnya. Pada dasarnya, kurban sebaiknya dilaksanakan di tempat tinggal atau di daerah masing-masing atau daerah tempat Anda berada. Hal tersebut sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW serta para sahabatnya. Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin juga mengemukakan bahwa sebaiknya kurban dilaksanakan di daerah tempat ia berada.

 

Beberapa sumber menyebutkan jika kurban secara online, diperbolehkan dan ada sumber yang menyebutkan jika tidak bisa. Pendapat yang tidak setuju menyebutkan jika dilarang untuk mengirimkan sejumlah uang yang akan dipergunakan untuk membeli hewan kurban atau mengirimkan hewan kurban baik dalam kondisi yang masih hidup. Namun, ada pendapat yang menyatakan jika kurban secara online sah-sah saja akan tetapi ada beberapa sunnah yang tidak bisa terlaksana jika Anda melakukan kurban dengan sistem online.

 

Beberapa sunnah yang tidak terlaksana, diantaranya adalah:

 

  • Dzikir ketika penyembelihan dilaksanakan. Dzikir dibarengi atau bersamaan dengan saat hewan tersebut disembelih dan menjadi saksi saat penyembelihan namun jika secara online, Anda tidak tahu kapan hewan tersebut disembelih.
  • Tidak memperoleh keutamaan karena tidak menyaksikan penyembelihan hewan kurban tersebut.
  • Tidak dapat mengkonsumsi daging hewan kurban tersebut.
  • Sebagai sahibul kurban, Anda yang seharusnya tidak memotong kuku ataupun rambut hingga hewan tersebut disembelih, tidak tahu kapan waktunya hewan kurban seperti sapi akan disembelih.

 

Sistem dari kurban dengan cara online ini adalah nantinya Anda harus mentransfer uang yang akan digunakan untuk membeli hewan kurban kemudian hewan tersebut akan disembelih oleh lembaga yang menyelenggarakan sistem kurban secara online tersebut dan kemudian mendistribusikan ke tempat yang sudah ditentukan. Jika Anda hendak melaksanakan kurban secara online, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu:

 

  • Cek apakah tempat tersebut memiliki informasi yang transparan atau tidak misalnya memberi tahu dimana saja kurban akan dilaksanakan.
  • Informasi mengenai waktu penyembelihan dari hewan kurban tersebut sehingga Anda bisa melaksanakan sunnah seperti tidak memotong kuku dan rambut hingga hewan kurban tersebut disembelih.
  • Bagaimana dengan persyaratan yang ditentukan. Apakah memberatkan atau tidak.
  • Respons dari lembaga atau tempat tersebut.
  • Apakah tempat tersebut termasuk sebagai tempat yang terpercaya atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *