Bukit  Kosakora, Objek Wisata Terbaik Menikmati Indahnya Pantai Selatan

Gunung Kidul selalu menghadirkan objek-objek wisata yang selalu menjadi perhatian para wisatawan. Setiap tahunnya selalu ada objek wisata baru yang menjadi perhatian para wisatawan baik dari Jogja maupun luar daerah. Banyak wisatawan yang rela menjelajahi setiap sudut kawasan yang terkenal dengan belalang gorengnya ini. Gunung Kidul bagian selatan terkenal dengan pantai-pantainya yang indah dan mempesona. Puluhan pantai bisa dinikmati oleh wisatawan yang datang ke kabupaten ini. Bagi wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan pantai tersebut dari atas bisa mengunjungi sebuah objek wisata yaitu Bukit Kosakora.

Kosakora merupakan salah satu bukit yang ada di gugusan Pegunungan Sewu di Gunung Kidul. Wisatwan bisa menyaksikan hamparan padang rumput yang hijau dengan pemandangan laut lepas nan luas saat berada di tempat ini. Tentu saja pemandangan yang dihasilkan pun sangat indah dan mempesona. Objek wisata ini telah menjadi tempat favorit bagi wisatawan yang menyukai pemandangan alam lautan dan juga bebukitan. Banyak wisatawan yang mengabadikan momen mereka dengan berfoto atau selfie terutama bagi kaum muda.

Dari atas bukit ini, wisatawan dapat menyaksikan betapa luasnya Samudera Hindia. Mereka juga bisa melihat birunya air laut dan langit yang menciptakan garis horizon yang  pastinya sangat memanjakan mata. Selain itu pemandangan berupa jajaran bukit di Pegunungang Sewu dan pantai-pantai cantik yang menghiasi sisi selatan pesisi Gunung Kidul tampak jelas dari bukit ini. Jadi tidak heran jika tempat ini berkembang menjadi tempat untuk berburu foto pemandangan atau pun tempat untuk selfie.  Tempat ini juga digunakan untuk kegiatan foto model bahkan untuk foto pre-wedding karena keindahan dari tempat ini. Bukit ini berada di sebelah timur Pantai Drini. Sehingga wisatawan bisa singgah di Pantai Drini sehabis berkunjung ke Kosakora atau sebaliknya.

Lokasi Bukit Kosakora:

Bukit Kosakora berlokasi di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Bukit ini berada di sebelah timur Pantai Drini. Untuk sampai ke lokasi ini diperlukan waktu 1,5 jam hingga  2 jam dari pusat kota Jogja mengunakan kendaraan pribadi. Bagi wisatawan yang ingin datang dalam rombongan besar bisa sewa bus pariwisata di Jogja.

Tips Wisata Bukit Kosakora:

  1. Gunakan baju yang nyaman karena anginnya cukup kuat.
  2. Pakailah penutup kepala untuk menghindari teriknya matahari.
  3. Gunakan alas kaki yang nyaman untuk digunakan di dataran yang penuh tanah.
  4. Jagalah kebersihan kawasan wisata ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *