Pertanyaan Interview Kerja Yang Sering Di Tanyakan Beserta Jawabnya

Interview kerja merupakan salah satu tes penerimaan pegawai pada perusahaan. Pertanyaan interview kerja pun beragam dan memiliki tingkat kesulitan cukup sulit. Kecermatan dalam menjawab pertanyaan wawancara kerja merupakan hal paling penting dalam interview kerja. Kesalahan dalam menjawab pertanyaan interview kerja memberikan dampak tidak lolos pada tes penerimaan pegawai baru.

pertanyaan interview kerja
pertanyaan interview kerja

Test interview kerja, diadakan setelah lulus beberapa tes penerimaan pegawai baru sebelumnya diantaranya ada psikotes dan juga kesehatan. Ada baiknya sebelum melakukan interview kerja, sebaiknya pelajari terlebih dahulu tips interview kerja beserta dengan jawabannya. Berikut adalah pertanyaan wawancara kerja yang sering diutarakan:

1. Perkenalkan Diri Anda

Pertanyaan paling sering diutarakan pertama kali tes interview kerja adalah mempersilahkan diri untuk memperkenalkan diri. Menjawab pertanyaan ini, perlu bagi anda untuk menjelaskan seluruh riwayat hidup anda secara jelas, tepat dan berbobot. Saat memperkenalkan diri, ada baiknya untuk menjelaskan poin penting dari perjalanan hidup anda seperti nama, pendidikan terakhir dan pengalaman kerja.

2. Kelebihan Dan Kekurangan

Pertanyaan cukup klasik pada wawancara kerja adalah bertanya apa kekurangan dan kelebihan anda. Nah Menjawab pertanyaan ini cukup utara kan secara singkat apa kemampuan serta kekurangan anda secara jelas. Untuk kekurangan sebaiknya sampaikan secara eksplisit, seperti “Saya terlalu sibuk bekerja, sehingga saya sampai lupa menjaga kesehatan”. Menyampaikan jawaban pada pertanyaan seperti ini, dilarang bersikap berlebihan, cukup tenang dan jelas dalam menjawab.

3. Berapa Gaji Yang Anda Inginkan
Setiap perusahaan memiliki standar gaji menurut kebijakan perusahaan. Sebaiknya sebelum anda menjawab pertanyaan ini, lihat terlebih dahulu berapa standar gaji pada perusahaan yang anda lamar melalui internet. Ketika anda menjawab pertanyaan ini, saya membutuhkan gaji sekian juta untuk biaya hidup dan menabung. Gaji yang saya terima sesuai dengan standar perusahaan.

4. Kapan Anda Menikah

Pertanyaan ini biasanya diutarakan apabila anda masih berstatus lajang. Perusahaan memiliki kebijakan masing masing untuk membahas status calon karyawan, oleh sebab itu pertanyaan ini sering diutarakan. Untuk menjawab pertanyaan ini, sampaikan bila anda masih lama untuk menuju jenjang pernikahan, karena pacar saya masih fokus pendidikan sedangkan saya lebih fokus ke karir. Nah seperti itu jawaban yang bijak untuk menjawab pertanyaan interview kerja membahas status nikah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *