Cara Memecat Karyawan Secara Halus Dan Sesuai Persedur

Terkadang kesalahan yang sering terjadi dalam perusahaan adalah kesalahan pemilihan karyawan sehingga bila tidak dibutuhkan lagi perusahaan perlu mengetahui cara memecat karyawan. Kehilangan pekerjaan adalah hal yang tidak diinginkan semua orang. Oleh sebab itu agar tidak menambah kesedihan karyawan, maka perusahaan wajib mengetahui cara memecat karyawan secara halus.

cara memecat karyawan
cara memecat karyawan

Bagi perusahaan pun harus tegas dalam bersikap terhadap karyawan yang dapat menyebabkan kehancuran perusahaan. Pada akhirnya tindakan memecat karyawan merupakan solusi paling tepat untuk mempertahankan eksistensi perusahaan. Berikut ini edukasi cara memecat karyawan secara halus sesuai dengan prosedur :

1. Tentukan Standar Pekerjaan

Setiap karyawan perlu untuk diberikan standar kerja sesuai dengan prosedur yang berlaku. Perusahaan yang bagus merupakan perusahaan memiliki ekspektasi yang jelas dari karyawan serta menerima umpan balik dari hasil kerja.

Apabila perusahaan telah menentukan standar pekerjaan yang jelas dan sistem penilaian terbuka pada setiap karyawan. Dalam situasi seperti itu tidak perlu ada heran apabila karyawan bekerja dibawah standar maka harus ikhlas berhenti bekerja.

2. Peringatan Sedini Mungkin

Memberikan sebuah peringatan sedini mungkin kepada karyawan, apabila karyawan telah melakukan kesalahan. Jangan sampai kesalahan karyawan, justru membuat perusahaan merugi. Memberikan peringatan sedini mungkin akan memberikan efek baik pada kinerja karyawan, lantaran karyawan merasa pekerjaannya diperhatikan sehingga akan meningkatkan kualitas kerja karyawan.

3. Berikan Surat Peringatan

Pada umumnya perusahaan memiliki prosedur surat peringatan kepada karyawan yang bermasalah. Surat peringatan ini sering disebut dengan SP(surat peringatan). Apabila karyawan telah memiliki surat peringatan diatas tiga kali, maka secara otomatis karyawan tidak diperkenankan untuk bekerja pada perusahaan.

Keberadaan surat peringatan, akan lebih membuat karyawan lebih berhati hati dalam melakukan kesalahan. Biasanya surat peringatan diberikan kepada karyawan bermasalah dengan sistem bertahap, namun tidak jarang pula perusahaan memberikan surat peringatan hingga surat peringatan ketiga yang diakibatkan kesalahan fatal.

Nah seperti itulah beberapa cara memecat karyawan dengan benar sesuai dengan prosedur tanpa membuat karyawan sakit hati, semoga artikel ini bermanfaat untuk kemajuan perusahaan anda, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *