Administrasi Upah Karyawan

Administrasi gaji atau upah adalah fungsi manajemen penting yang berhubungan dengan semua aspek kompensasi karyawan. Upah bagi karyawan merupakan sumber penghasilan utama, berbeda dengan upah yang dikeluarkan oleh perusahaan merupakan pengeluaran penukar jasa. Administrasi upah yang baik dapat berpengaruh besar khususnya terhadap manajemen perusahaan dan karyawan. Tentunya hal ini akan berpengaruh pada kinerja karyawan pada suatu perusahaan.

Adapun tujuan dari administrasi gaji atau yang disebut juga sebagai payroll system diantaranya sebagai berikut,

  1. Perusahaan juga bersaing dalam mendapatkan tenaga kerja yang cakap, administrasi tentunya dapat berguna untuk mendapatkan karyawan yang cakap dan berkualitas.
  2. Untuk mempertahankan karyawan yang bekerja paa perusahaan tersebut, sistem payroll yang seadil-adilnya tentu membuat banyak karyawan menjadi betah untuk bekerja.
  3. Menjamin keadilan jabatan antar karyawan yang bekerja dalam suatu perusahaan
  4. Sebagai media untuk mengawasi keuangan yang masuk dan keluar dalam suatu perusahaan
  5. Menghargai kinerja suatu karyawan
  6. Salah satu bentuk ketaatan perusahaan dalam menaati peraturan yang berlaku, misalnya ketentuan perundang-undangan di Indonesia, pajak Indonesia, dan lain-lain.

Pentingnya Sistem Administrasi Upah Karyawan

Administrasi Upah Karyawan
Administrasi Upah Karyawan

Dari tujuan yang telah disebutkan diatas, sudah terbukti bahwa sistem administrasi upah/gaji sangat lah penting karena mempunyai dampak-dampak yang luas juga. Administrasi yang buruk akan membuat karyawan menjadi tidak betah dan mempengaruhi kinerja pekerjaa dan psikologisnya. Semua yang bersangkutan dengan uang merupakan hal yang sensitif sehingga hal tersebut bisa menjadi sangat penting dan menjadi penentu kesuksesan perusahaan tersebut.

Mengenai kebijakan ketentuan administrasi upah, tentunya perusahaan harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti jabatan, kinerja, lamanya ia bekerja, uang bonus, tunjangan, perhitungan pajak penghasilan, asuransi, dan lain-lain. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan ilmu mengenai administrasi gaji, tak heran jika hampir semua perusahaan sudah menggunakan aplikasi dalam kinerja nya menghitung gaji karyawan, seperti aplikasi perhitungan pajak, aplikasi pph 25, aplikasi pph 21, dan juga software HR (human resource).

Meskipun sudah menggunakan software, namun tetap pengecekkan ulang sangat penting untuk dilakukan. Meskipun serba otomatis, namun tetap untuk penginputan awal seorang administrator gaji harus memasukkan data-data yang bersangkutan, jika terjadi human eror ketika memasukkan data, tentu saja hasil dari perhitungan gaji nya menjadi salah. Sistem administrasi yang berbasi software ini sangat cocok digunakan untuk perusahaan dengan jumlah karyawan cukup banyak. Dengan Sleekr HR anda tidak perlu khawatir lagi tentang administrasi gaji karyawan pada perusahaan anda, dan pastinya software ini gratis.

Untuk menentukan besarnya suatu gaji untuk karyawan dalam sebuah perusahaan, wajib mempertimbangkan beberapa hal, seperti harapan pegawai, gaji perkantoran lain, peraturan pemerintah mengenai upah dan gaji, dan lain-lain. Gaji perusahaan lain yang lebih besar dengan jabatan yang sama tentu dapat membuat psikolog karyawan terganggu, dalam artian ia pasti memikirkan untuk resign dan ingin berpindah ke perusahaan lain, sehingga pada akhirnya kinerja seorang karyawan akan menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *