Mau Belajar Main Gitar Sendiri? Ikuti Tips Ini Agar Ga Usah Kursus Lagi

Gitar. Alat musik petik satu ini memang cukup populer di kalangan anak muda. Sudah nggak diragukan lagi deh bagaimana kerennya orang yang sedang bermain gitar. Wajahnya terlihat syahdu, jarinya-jarinya juga lentik memainkan lagu. Kurang keren apalagi coba? Pantas saja semua orang berlomba-lomba ingin bisa memainkan alat musik ini.

Tapi, kekerenan yang diakibatkan ini tidak datang dengan instan, lho. Untuk pelajari alat musik satu ini ada sebagian orang yang bahkan juga ikhlas merogoh kocek untuk turut pelatihan serta belajar segera dari ahlinya.

Eits, tapi janganlah cemas dahulu. Untuk kamu yang ogah atau tidak ada biaya buat pelatihan, gitar dapat dipelajari sendiri kok. Asal telaten serta tekun, anda dapat juga semahir mereka yang pelatihan ditempat terkenal. Menginginkan dapat pula? Nih, Hipwee kasih bocoran tips-nya!

1. Jadi langkah awal, anda mesti tahu tempat bermain gitar yang cocok serta nyaman untukmu

Sebelumnya mulai berlatih, perlu bagimu untuk ketahui bagaimana tempat bermain serta langkah memegang gitar yang benar.

– Duduklah di kursi dengan nyaman. Tegakkan punggung serta bahumu.
– Dekatkan tubuh gitar ke perut serta dadamu. Lantas pegang sisi leher gitar dengan tangan kiri membuat huruf V—ibu jari dibagian belakang serta 4 jari bekasnya dimuka.
– Tahan tubuh gitar dengan pertolongan kaki kananmu. Lalu, cobalah tekan-tekan senar dengan asal, dari mulai perlahan sampai cepat, untuk melatih keseimbangan.
– Coba selalu tempat memegang gitar ini tiap-tiap 5 menit sekali untuk membiasakan serta menyeimbangkan diri. Di awal-awal, punggung serta bahumu mungkin saja juga akan merasa sakit. Tapi sesudah punya kebiasaan, rasa sakit itu tidak juga akan keluar sekali lagi, kok.

2. Tekuni langkah menyetel senar pada gitar. Bila masih tetap clueless janganlah sangsi minta pertolongan rekan

Tidak semuanya senar gitar segera keluarkan nada merdu waktu dipetik, terlebih baru pertama kalinya dibeli. Karenanya, senar gitar butuh di-tuning atau disetel agar tegangannya cocok serta hasilkan nada yang merdu waktu dipetik.

Nah, jadi pemula, belajar bagaimana caranya tuning senar gitar itu perlu lho, karna dapat buat telingamu punya kebiasaan mendengar suara yang pas. Langkahnya :

– Kenali beberapa nama senar. Dari atas (yang paling tidak tipis) ke bawah (yang paling tidak tebal) posisinya adalah E, A, D, G, B, serta E.
– Atur tuner (putaran yang berada di kepala gitar) sesuai sama kebutuhanmu. Bila inginkan suara yang tinggi, kencangkanlah senar gitarmu. Tapi bila inginkan suara rendah, putar saja tuner-nya hingga senar mengendur dengan pas.
– Kencang atau kendurnya senar ini begitu memengaruhi suara yang juga akan dibuat. Pas atau tidaknya suara yang dibuat dapat anda kenali sendiri bila telah punya kebiasaan mendengarnya. Nah, untuk awalan, anda dapat minta pertolongan rekanmu yang telah mahir untuk mengajarkan bagaimana caranya tuning yang pas. Upayakan anda cuma minta bantuannya sekali ini saja. Karenanya, cermati dengan baik agar selanjutnya anda telah dapat tuning senarmu sendiri.

3. Saat ini waktunya belajar menuai senar. Cari info kunci-kunci basic dalam gitar serta coba memainkannya dengan tepat

Telah dapat tuning sendiri? Bermakna saat ini waktunya anda mencari tahu kunci-kunci basic dalam memainkan gitar. Ada A, Am, B, Bm, D, Dm, E, Em, C, dan G. Tiap-tiap kuncinya, mempunyai langkah sendiri untuk dimainkan serta dipetik. Umpamanya, waktu juga akan memainkan suara A, cuma senar D-G-B saja yang ditekan serta senar A-D-G-B-E (sisi bawah) saja yang dimainkan atau digenjreng. Senar E teratas tidak butuh turut anda mainkan.

Knowledge base seperti ini paling tidak telah anda kenali dahulu sebelumnya mulai belajar memainkan kunci-kunci. Bila dapat, anda tulis sekalian dibuku spesial latihan bermain gitar agar tidak lupa.

4. Awalilah berlatih memainkan kunci-kunci basic. Kerjakan dengan intensif hingga jarimu punya kebiasaan serta semakin lihai

Sesudah mencatat semuanya kunci basic yang butuh dikuasai, saat ini waktunya anda coba memainkan kunci ini. Ini langkahnya :

– Belajarlah menghimpit senar pada fret atau logam tegak lurus yang berada di leher gitar. Yakinkan anda cuma rasakan getaran di jari yang menghimpit senar saja.
– Awalilah memainkan kunci basic yang telah anda tulis. Tentukan dari yang menurut anda termudah, umpamanya kunci A karna masih tetap ada dalam 1 ruas yang sama.
– Janganlah asal genjreng saja. Upayakan anda dapat hasilkan suara yang merdu serta jernih.
– Bila telah berhasil memainkan 1 kunci dengan jernih, anda baru bisa bertukar memainkan kunci yang lain.
– Ulangilah beberapa langkah itu untuk memainkan kunci yang beda. Bila telah dapat semuanya, janganlah segera cepat-cepat menginginkan memainkan lagu. Berlatihlah sekali lagi sepanjang 1 minggu dengan telaten agar anda makin hafal letak kuncinya serta jarimu makin lihai dalam memainkannya.

5. Agar keyakinan dirimu terbangun, coba mainkan kunci sembari mengobrol atau melihat TV

Namanya juga masih tetap belajar, lumrah bila anda seringkali terasa takut salah. Jadinya, kepalamu senantiasa menunduk serta terlalu fokus pada gerakan jari-jari tanganmu, deh. Sesungguhnya, rutinitas begini janganlah anda biarlah karna dapat kurangi rasa yakin diri untuk memainkan gitar.

Cobalah deh anda berlatih memainkan kunci sembari mengobrol atau melihat TV. Perhatianmu juga akan teralihkan serta tidak sekali lagi terlalu fokus pada gerakan jari-jari. Langkah tersebut dapat juga melatih mengingat not angka serta jari-jari untuk lebih lihai sekali lagi lho dalam memainkan kunci-kunci gitar.

6. Jadi awalan, tentukan 1 lagu dengan kunci basic yang gampang lantas tekuni lagu ini dengan tekun

Jarimu telah mulai lihai dalam memainkan serta berpindah-pindah kunci? Bermakna, saat ini waktunya anda berlatih memainkan satu lagu dengan utuh.

Sampai kini, mungkin saja anda miliki 1 buah lagu favorite yang menginginkan sekali anda kulik. Tapi janganlah tergesa-gesa mesti memainkan lagu itu. Ingat, anda masih tetap belajar. Tentukan dahulu lagu yang gampang dengan kunci-kunci basic agar jarimu lebih punya kebiasaan, umpamanya lagu Tidak Sempat Padam punya Sandhy Sondhoro atau lagu Lupa-Lupa Ingat punya Kuburan Band. Keduanya termasuk juga lagu yang gampang serta dapat anda jalani jadi awalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *