Cara Membuat Takoyaki

Cara Membuat Takoyaki

BACA JUGA : Jual Lampion

Takoyaki adalah camilan Jepang berbentuk bola, dan secara harfiah berarti Tako (gurita) Yaki (digoreng). Ini berasal dari Osaka di Jepang. Anda kebanyakan bisa menemukannya di jalanan di seluruh Jepang, tapi banyak rumah tangga, terutama di wilayah Osaka, membuat Takoyaki di rumah. Bahan dasar Takoyaki adalah gurita, tapi Anda pasti bisa menggunakan bahan favorit Anda!

Bahan (30 Balls)
Gurita 100g – 120g, potong dadu

1/4 -1/5 kubis, robek

Tempura Bits, secukupnya

Saus Okonomiyaki, secukupnya

Mayones Jepang, secukupnya

Bonito serpih, secukupnya

Takoyaki adonan

Tepung 100g

Kaldu Dashi 400ml

1 – 2 butir telur

1/2 sendok makan kecap Usukuchi (ringan)

1/2 sendok makan Mirin

Persiapan

Takoyaki-ki (panci untuk takoyaki)

Petunjuk
Buat adonan Takoyaki. Pecahkan telur dalam mangkuk besar, dan tuangkan 400 ml kaldu Dashi. Tambahkan 100 gram tepung dalam beberapa kali agar tidak membuat benjolan. Tambahkan 1/2 sendok makan kecap Usukuchi (ringan) dan 1/2 sendok makan Mirin dalam adonan Takoyaki.
Sebarkan minyak di atas Takoyaki-ki yang dipanaskan dengan baik. Masukkan 1 potong gurita potong dadu di setiap lubang. Tuangkan adonan Takoyaki ke dalam lubang sampai penuh. Taburi kubis parut dan tempura.
Masak sampai berubah kecoklatan. Balikkan dengan menggunakan tongkat panjang seperti sumpit. (Mungkin agak sulit pada awalnya tapi tetap usahakan!) Masak 3-4 menit lagi dengan api sedang.
Tempatkan bola Takoyaki yang dimasak di atas piring, dan olesi saus Okonomiyaki, mayones Jepang, dan bonito serpih secukupnya.

BACA JUGA : Jual Lampion Terbang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *