Makanan Khas Surabaya ini Bisa Bikin Nagih

Makanan Khas Surabaya
Makanan Khas Surabaya

 

Menjadi ibukota Provinsi Jawa Timur membuat Surabaya berkembang pesat. Perkembangan ini sangat terasa di beberapa objek. Salah satunya tentu saja kuliner. Kota yang dijuluki sebagai Kota Pahlawan ini menawarkan kuliner yang sangat menggiurkan. Berbagai makanan khas Surabaya bisa kamu temui dengan cukup mudah bila kamu sedang berada atau berkunjung ke kota ini. Pengalaman kamu berburu kuliner di kota ini juga bisa jadi berkesan karena banyaknya makanan yang berada di Surabaya. Apa saja makanan khas Surabaya itu? Berikut beberapa di antaranya?

  1. Semanggi Surabaya

Makanan yang satu ini akan cukup sulit kamu temui di kota-kota lain, tapi sebaliknya, kamu akan sangat mudah menemuinya jika sedang berada di Surabaya. Jika dilihat sekilas, makanan ini sebetulnya hampir sama dengan pecel, tapi ada beberapa perbedaan, di antaranya adalah Semanggi Surabaya mempunyai campuran daun semanggi yang dikukus dan sangat banyak dengan tambahan kangkung serta disiram dengan saus kacang. Ditambahkannya pula kecambah, uli dan pelengkap kerupuk. Makanan ini biasa disajikan di atas daun pisang yang dipincuk. Agar mendapatkan rasa yang berbeda, gantilah sendok dengan kerupuk untuk cara memakannya.

  1. Tahu Tek Tek

Tahu Tek Tek hampir sama dengan ketoprak, kedua makanan ini mempunyai bentuk yang nyaris sama. Bedanya, tahu tek tek ini dicampur dengan petis dan kecambah. Bumbu petisnya yang sangat nikmat dan khas menjadi daya tarik dan menjadi keistimewaan tersendiri. Perpaduan rasanya yang manis dan pedas akan terasa sangat pas jika disajikan bersama lontong.

  1. Tahu Campur

Tahu campur merupakan makanan yang banyak dijual di Surabaya. Mulai dari penjual yang menjajakan di gerobak sampai di restoran-restoran mewah. Kamu yang ingin mencoba makanan khas Surabaya yang satu ini tidak akan kesulitan buat menemukannya. Terbuat dari tahu goreng, perkedel, tauge, singkong, mie kuning, selada air dan kerupuk udang yang dicampur bersama kuah sop daging.

Sebagai pelengkap kadang-kadang terdapat juga lentho, sejenis gorengan yang terbuat dari kacang hijau atau kacang merah, kikil, urat dan tahu kuning. Cukup banyak bukan campuran dari makanan yang satu ini? Silakan segera nikmati!

  1. Lontong Balap

Dilihat dari namanya, makanan yang satu ini cukup unik. Konon makanan ini adalah makanan yang paling dicari oleh para turis atau wisatawan. Tidak lengkap bila kamu ke Surabaya tanpa mencicipi Lontong Balap Surabaya. Karena sangat terkenal ini, lontong balap telah menjadi salah satu ikon Kota Surabaya di bidang kuliner. Dengan campuran yang sangat lengkap itulah menjadikan makanan ini pembeda dari menu lontong di daerah lain. Dari segi harganya, makanan ini sangat terjangkau. Kamu mau mencobanya?

 

  1. Rujak Cingur

Salah satu makanan khas Surabaya yang juga paling sering dicari oleh para wisatawan. Jika pada umumnya rujak adalah campuran dari berbagai buah yang dikasih bumbu rujak pedas, rujak cingur berbeda. Campuran yang ada pada satu porsi rujak cingur adalah sayur dan buah-buahan, seperti nanas, mangga, kangkung, tempe dan juga lontong. Keunikan lainnya yaitu bumbunya ini dicampur dengan cingur atau hidung kerbau, juga tambahan bumbu campuran petis, kacang merah, gula merah, udang dan cabai.

Itulah beberapa makanan khas Surabaya yang patut kamu coba jika kamu sedang berkunjung ke sana. Setelah lelah mengelilingi tempat wisata yang ada di sana, wisata kuliner menjadi sesuatu yang harus kamu rasa dan coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *