Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil

Banyak ibu rumah tangga yang kerepotan mengurus belanja bulanan karena gaji sang suami yang cukup kecil jumlahnya. Apalagi ditambah dengan beberapa pengeluaran wajib seperti biaya sekolah, cicilan, dan lain-lain semakin banyak uang yang dibutuhkan. Sebenarnya tidak susah melakukan penghematan karena ada cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji kecil. Kadang kebutuhan yang tak terduga menjadi faktor bertambahnya pengeluaran. Jika tidak ada tabungan, Anda harus berhutang kesana kemari untuk mendapatkan pinjaman. Jika ingin menghindari masalah tersebut, cobalah beberapa solusi berikut ini:

  1. Hidup sederhana

Resep hidup bahagia adalah dengan berterima kasih kepada Tuhan atas rejeki yang diberikan. Dengan begitu Anda tidak akan kekurangan sama sekali sebab merasa apa yang sudah dimiliki sudah cukup. Kehidupan mewah tidak akan membuat Anda tergiur karena kesederhanaan membawa Anda dan keluarga hidup tenang dan nyaman.

  1. Menyusun belanja bulanan

Kebutuhan seperti makanan, minuman, dan keperluan rumah tangga lainnya tidak bisa dihindari karena merupakan barang primer. Agar bisa hemat sebaiknya gunakan cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji kecil. Pilihlah barang yang diperlukan dan hindari membeli yang kurang penting. Perhitungkan apakah stok yang ada di rumah masih dapat dipakai untuk sebulan ke depan. Jangan sampai ada bahan yang dibuang karena sudah kadaluarsa masanya.

  1. Mencari penghasilan tambahan

Jumlah pengeluaran pastinya akan bertambah seiring dengan meningkatnya kebutuhan yang harus Anda penuhi. Untuk itulah penghasilan Anda juga harus meningkat. Jangan hanya mengandalkan gaji, carilah pekerjaan sampingan yang tidak menyita banyak waktu namun memberikan pendapatan yang cukup untuk menambah tabungan keluarga.

3 solusi dan cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji kecil yang disebutkan diatas dapat membantu Anda mengatasi kebocoran dana bulanan. Agar tidak boros, bicarakan dengan anggota keluarga lainnya agar pemakaian beberapa perabot dan barang kebutuhan bisa dihemat. Karena percuma jika kesadaran berhemat hanya dari satu pihak saja karena tujuan akan sulit tercapai. Gaji kecil ataupun besar akan membuat bahagia jika Anda pandai bersyukur serta menggunakan dana dengan bijak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *