5 Fungsi CCTV Sebagai Perangkat Keamanan

Hasil gambar untuk fungsi cctv

 

CCTV merupakan singkatan dari Closed Circuit Television, sebuah perangkat kamera video digital yang digunakan untuk mengirim sinyal ke layar monitor di suatu ruang atau tempat tertentu, atau bahasa populer nya sering kita dengar dengan kamera pengintai.

Pemasangan CCTV ini memiliki tujuan untuk memantau situasi dan kondisi tempat tertentu, sehingga dapat mencegah terjadinya tindak kejahatan bahkan sering sekali juga bisa dijadikan sebagai bukti tindak kejahatan yang telah terjadi.

  • Banyak sekali
  • pusat perkantoran,
  • pusat pembelanjaan,
  • bandar udara,
  • gudang militer,
  • bank,
  • hotel,
  • mini market,
  • tempat umum,
  • bahkan rumah pribadi yang menggunakan Kamera CCTV untuk mengawasi keadaan dan aktivitas sekitar tempat tersebut.

Seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih, kamera CCTV pun beragam jenisnya. Masing-masing jenis kamera CCTV memiliki keunggulan masing-masing. Namun tahukah anda apa saja fungsi dan manfaat dari kamera CCTV tersebut? Berikut ini adalah beberapa fungsi dan manfaat dari kamera CCTV.

1. Pengawasan dan keamanan

Kamera CCTV sebagian besar digunakan oleh orang-orang tertentu untuk keperluan pengawasan. Kamera CCTV dapat memantau kejadian apapun yang dapat dijangkau, selama 24 jam non stop. Dengan adanya CCTV anda bisa melihat kejadian-kejadian apa yang terjadi selama 24 jam.

Penggunaan CCTV pada bank digunakan untuk mengawasi tindak kejahatan oleh perampok, jika tindak kejahatan itu terjadi, anda dapat melihat wajah pelaku dari bukti rekaman CCTV. Di jalan raya, kamera CCTV digunakan oleh dinas perhubungan untuk memantau keadaan jalan raya dan aktivitas yang terjadi di sepanjang jalan raya.

Selain itu juga dapat digunakan untuk melihat tindak kejahatan yang terjadi di jalan raya, sehingga polisi dapat mencegah tindak kejahatan yang sama yang terjadi di jalanan. (Klik link ini untuk mendapatkan jasa pemasangan CCTV terbaik).

2. Memonitor aktivitas di rumah

Bagi sebagian orang, memasang kamera CCTV adalah hal yang wajib apalagi jika kawasan rumahnya kurang aman. Kamera CCTV digunakan oleh beberpa orang untuk memonitor keadaan yang terjadi di sekitar rumah. Selain itu, sebagian pemilik rumah memasang Kamera CCTV untuk mengawasi aktivitas anak-anak mereka agar aman dan terpantau terus.

3. Pengawasan Jarak jauh

Kamera CCTV juga dapat digunakan untuk memantau aktivitas dari jarak jauh. Misalnya kantor cabang di pasang beberapa CCTV untuk dipantau dari kantor pusat. Pemantauan dilakukan untuk melihat aktivitas karyawan atau kejadian-kejadian apa saja yang terjadi di kantor cabang.

Teknologi CCTV jaman sekarang memungkinkan anda untuk melihat hasil rekaman CCTV dari gadget pribadi anda sendiri. Jadi anda dapat dengan mudah mengontrol kamera CCTV anda dengan gadget anda sendiri.

4. Alat Pengamatan Kinerja Karyawan

Pada gedung perkantoran, kamera CCTV sering sekali digunakan untuk menganalisa kinerja karyawan di kantor tersebut. Anda dapat melihat kinerja dari karyawan anda masing-masing apakah sudah optimal atau ada karyawan yang tidak serius dalam bekerja atau mengerjakan hal lain saat bekerja, ini semua bisa anda cari tahu dari rekaman CCTV.

Terbukti jika penggunaan kamera CCTV pada gedung perkantoran dapat meningkatkan kinerja karyawan karena karyawan merasa terawasi selama bekerja.

5. Alat Pembuktian yang Kuat

Penggunaan kamera CCTV bisa juga  digunakan untuk menganalisa kasus-kasus kejahatan, pembunuhan, perampokan dan lainnya. Dengan bantuan hasil rekaman CCTV dapat dijadikan bukti konkret dan kuat untuk mencari tahu siapa pelaku kejahatan tersebut.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan teknologi kamera CCTV, ada baiknya anda menganalisa apakah penggunaan kamera CCTV dapat memberikan manfaat untuk anda atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *