Patut Dicoba, Ini 5 Cara Buat Website Sendiri

ka anda adalah seorang yang masih pemula di dunia internet atau lebih khususnya dalam dunia blogging, mungkin anda ingin mengetahui bagaimana cara membuat blog wordpress self hosting secara gratis. Blog gratis tentu menjadi keinginan para blogger pemula karena dengan blog gratis kita bisa belajar cara membuat blog tanpa biaya. Artikel ini akan membahas langkah-langkah yang dibutuhkan untuk membuat blog menggunakan wordpress pada self hosting. Jika anda ingin membuat blog dengan wordpress.com atau blogger.com maka ini bukanlah artikel yang tepat untuk anda. Dengan menggunakan wordpress pada hosting sendiri(self hosting), kita bisa

  • lebih leluasa menyesuaikan blog
  • kita dengan berbagai plugin yang ada dan kita bisa bebas mengedit kode php dan css pada blog kita.
  • Blog gratis wordpress yang akan kita buat di sini menggunakan hosting dari IDHostinger dan domain gratis.

Berikut ini adalah 7 langkah mudah yang perlu anda lakukan untuk membuat blog wordpress gratis:

1. Jika anda belum memiliki Hosting maka pertama kali anda perlu mendaftar hosting gratis dari IDHostinger di sini. Di bagian atas dekat form login klik  “Buat Akun”.  Silakan anda isi form pendaftaran sederhana seperi gambar di bawah (Isi sesuai dengan email dan nama anda sendiri) . Lalu Klik “Buat Akun”.

idhostinger-blog-gratis

 

 

2. Anda akan menerima email aktivasi dan anda perlu mengklik untuk mengaktifkan akun anda. Setelah di-klik anda akan menuju ke halaman yang menyatakan hosting anda telah aktif.  Kita akan mengurus domain terlebih dulu setelah ini, jangan pilih paket dulu sekarang.

idhostinger-email-konfirmasi

3  Siapkan Domain. Untuk saat ini kita akan menggunakan domain gratis (dot tk atau domain gratis seperti di artikel ini) karena ini adalah untuk belajar saja. Jika anda ingin membuat blog yang serius sebaiknya anda menggunakan domain berbayar seperti dot com, .net, web.id dan lain-lain.

Untuk domain dot tk,:

  • Pertama anda perlu mendaftarkan domain anda di halaman ini
  • Saat diminta memilih pilih “Use DNS” lalu pilih “DNS Pribadi anda”

Lalu isi dengan ns1.idhostinger.com dan ns2.idhostinger.com

  • Registration Length silakan pilih 12 Bulan
  • Isi Karakter sesuai yang ada pada gambar
  • Klik Sign Up
  • Lalu Register With dot tk
  • Pilih Use your email address to signup,lalu pilih Lanjut

dot-tk-idhostinger

 

4. Kita kembali lagi ke Idhostinger, Silakan login kembali ke lain-lain jika anda sudah logout. Lalu Pilih Buat Akun Baru

tambah-domain-idhostinger

Pada halaman berikutnya, pilih Order Paket Gratis

oder-paket-idhostinger

 

Pada halaman selanjutnya Pilih Domain lalu isi domain dengan domain yang baru anda daftarkan tadi. Untuk password, gunakan “Buat Password Otomatis”. Masukkan kode capcha, lalu klik buat

blog-gratis

5.  Sekarang anda perlu mengklik “Kelola” dan anda akan menuju cpanel dari IDHostinger

kelola-hosting-gratis

 

6.  Sekarang saatnya menginstall wordpress Pada cpanel silakan pilih “Penginstal Otomatis” di bagian Website seperti gambar di bawah

install-wordpress-1

Lalu Pilih WordPress

install-wordpress-2

 

Anda cukup mengisi nama pengguna dan password yang nanti akan digunakan untuk login.  Setelah itu pilih “Install WordPress”

blog-gratis

 

Akan ada pesan, “Isi direktori akan ditimpa. Apakah anda ingin melanjutkan?”. Silakan pilih OK. Lalu tunggu hingga proses instalasi selesai.  Silakan anda mengkopi detail instalasi ke tempat yang aman(anda bisa copy ke file notepad lalu disimpan ke komputer/flashdisk). Karena ada password anda di sana, pastikan file itu tidak diakses oleh orang lain karena bisa berbahaya untuk blog anda.

idhostinger-install

 

7. WordPress sudah terinstall dan siap digunakan. Silakan login ke blog wordpress anda dengan “url Login admin” yang ada pada detail instalasi [domain anda]/wp-admin misal bloggratis.tk/wp-admin. Anda akan masuk ke dashboard wordpress.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *