Berikut 3 Jenis Printer yang Umum Digunakan

Printer merupakan hardware dari komputer berupa keluaran kertas atau softcopy tergantung dari jenis printer itu sendiri yang memiliki fungsi mencetak dan menduplikasi sebuah file. Di perkembangan zaman ini keberadaaan printer banya dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan mulai dari kebutuhan pribadi, perkantoran hingga usaha.

3 jenis printer yang sering digunakan untuk berbagai keperluan adalah jensi dot matrix, ink jet, dan laser printer. Nah berikut ini sedikit penjelasan untuk 3 jenis printer yang umum digunakan agar Anda tidak bingung untuk membedakannya karena ke 3 teknologi dari jenis printer ini hampir sama namun tak sama. Berikut penjelasannya

  1. Printer Dot Matrix

Yang pertama ada dot matrix printer, yang banyak dipilih dan digunakan yang biasanya diperuntukan untuk kebutuhan mencetak dokumen tembusan seperti membuat bon, kwintasi dan dokumen lainnya.

Untuk mencetak dokumen biasa hasil cetakan printer jenis ini kurang bagus dan agak kasar. Karena cara kerja printer yang menggunakan ketukan dengan kepala cetak berupa kumpulan jarum besi. Alat untuk mencetaknya sendiri pun menggunakan pita sebagai sumber warnanya dan hanya ada 3 warna yaitu hitam, biru dan merah.

 

  1. Laser Printer

Laser printer atau printer laser jet jenis printer yang menggunakan bubuk toner sebagai pewaran cetaknya ini mampu melakukan pencetakan dengan kecepatan tinggi. Printer jenis ini banyak digunakan untuk kebutuhan perkantoran dengan tingkat efektivitas pencetakan yang cukup tinggi dan banyak, meskipun printer ini memiliki kecepatan dalam mencetak namun tidak cocok digunakan untuk usaha yang difokuskan untuk mencetak terus menerus. Karena printer jenis ini tidak dapat digunakan untuk bekerja secara terus menerus.

Cara kerja laser printer bisa dibilang mirip dengan cara kerja mesin fotokopi yaitu mencetak dengan menggunakan teknologi laser. Kemudian bayangan yang ditangkap oleh drum diteruskan ke atas kertas dengan sistem dan proses yang sama seperi mesin fotokopi. Hasil cetaknya pun cukup bagus dan tajam.

 

  1. Printer InkJet

Yang terakhir ada printek ink jet salah satu ke tiga jenis printer yang juga banyak digunakan dan mudah ditemukan di pasaran selain laser jet dan dot matrix. Printer jenis ini sudah menggunakan tinta dalam mencetak, dan merupakan printer modern saat ini. Anda juga bisa menemukan printer ink jet yang mampu mencetak dengan ukuran kertas yang besar.

Cara kerja printer ini menggunakan teknologi on demand, dengan menyemprotkan tinta melalui titik titik pipa pipa kecil atau nozzle dengan fungsi untuk mencetak file sesuai dengan karakternya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *